Senin, 24 Mei 2010

UAS

UAS Psikologi Pendidikan
Nama : Kurnia Lumbanbatu
NIM : 091301021

6 komentar:

psipddk3sks mengatakan...

(UAS) 1. Kurnia, coba kamu jelaskan makna dari tema blogmu dan uraikan berdasarkan teori psikologi pendidikan yang relevan.

Kurnia mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Kurnia mengatakan...

Tema dari blog saya adalah happy girls, di mana adanya perasaan senang dengan kehidupannya.
Makna dari tema blog saya adalah individu yang merasa senang dengan kehidupannya, dan pertemananya. Di mana pertama saya menghubungkannya dengan teori ekologi Bronfenbrenner. Teori ekologi Bronfenbrenner, yang fokus utamanya adalah pada konteks sosial di mana individu tinggal dengan orang-orang yang mempengaruhi perkembangan individu tersebut. Teori ekologi terdiri dari lima sistem lingkungan yang merentang dari interaksi interpersonal sampai ke pengaruh kultur yang lebih luas. Kelima sistem dalam teori ekologis Bronfenbrenner ialah mikrosistem, mesosistem, ekosistem, makrosistem dan kronosistem. Dalam tema blog saya, dapat dihubungkan pada sistem lingkungan yang mikrosistem. Dalam teori ekologis Bronfenbrenner, mikrosistem ialah setting di mana individu hidup. Konteks ini meliputi keluarga, teman-teman sebaya, sekolah dan lingkungan. Dalam mikrosistem inilah individu berinteraksi langsung dengan orangtua, teman sebaya dan orang lain. Individu tidak dipandang sebagai penerima pengalaman yang pasif dalam setting ini, tetapi sebagai seseorang yang menolong membangun setting. Hubungannya ialah dalam kehidupan individu tersebut, ia melakukan interaksi yang baik dengan teman sebayanya, menjalin pertemanan yang akrab dan saling pengertian sehingga ia merasa senang akan kehidupannya.
Yang kedua dihubungkan dengan teori perkembangan Erikson. Teori perkembangan Erikson, di mana tahap perkembangan tersebut akan dilalui oleh orang di sepanjang rentang kehidupannya. Masing-masing tahap terdiri dari tugas perkembangan yang dihadapi oleh individu yang mengalami krisis. Dalam tema blog saya berhubungan dengan tahap kelima perkembangan Erikson, tahap identitas versus kebingungan identitas. Tahap ini terjadi di masa remaja. Remaja berusaha untuk mencari tahu jadi dirinya, apa makna dirinya, dan ke mana mereka akan menuju. Remaja perlu diberi kesempatan untuk mengeksplorasi berbagai cara untuk memahami identitas dirinya. Remaja berusaha mencari identitasnya, berjuang dalam interaksi sosial, dan bergulat dengan persoalan-persoalan moral. Apabila remaja tidak cukup mengeksplorassi peran yang berbeda dan tidak merancang jalan ke masa depan yang positif, mereka bisa tetap bingung akan identitas diri mereka. Dalam hubungan dengan tema blog saya adalah bahwa pergaulan menjadi hal yang perlu diperhatikan dalam masa remaja. Individu tersebut mengidentitaskan dirinya sebagai happy girl, di mana ia merupakan individu yang periang, dengan bergaul dengan teman yang sesuai dengan dirinya yang memiliki sifat periang. Lebih menyukai hal-hal yang berhubungan dengan permainan dan hal-hal yang membuat dirinya menjadi periang. Dalam pergaulan itu, mereka menggunakan berbagai macam alat yang dapat menumbuhkembangkan adanya saling menghormati, memberi kesempatan dalam kegiatan pertemanan sehingga akan terbina saling kerjasama dalam kegembiraan yang akhirnya mereka berdua melampiaskan kegembirannya dengan membuat balon-balon dari permen karet.

Kurnia mengatakan...

Grading ( pemberian nilai ) berarti menerjemahkan informasi penilaian deskriptif ke dalam angka atau simbol lain yang menunjukkan kualitas dari pembelajaran atau kinerja murid ( santrock, 668 ). Dalam pemberian nilai dengan memperhatikan blog tiap mahasiswa berbeda dengan memperhatikan tugas-tugas mahasiswa secara tertulis. Di mana dosen lebih membutuhkan waktu yang lebih banyak untuk memperhatikan blog tiap mahasiswa. Di mana kita juga mengetahui bahwa dosen juga memiliki kesibukan yang lain.
Pada teori motivasi tentang atribusi, terdapat tiga dimensi atribusi. Di mana dimensi yang ketiga yaitu daya kontrol, yakni persepsi murid tentang daya kontrol atas suatu sebab berhubungan dengan sejumlah hasil emosional seperti kemarahan, rasa bersalah, dan malu ( santrock, 520 ). Di mana sebagai mahasiswa, mahasiswa harus memiliki daya kontrol untuk sabar menunggu hasil nilai yang akan dideliver. Mahasiswa memiliki rasa pengertian akan tugas dosen untuk memperhatikan semua blog mahasiswa satu per satu.

psipddk3sks mengatakan...

Kurnia, jawaban no.1 sangat pantas saya apresiasi. Secara keseluruhan skor UASmu 85 ya.

Kurnia mengatakan...

makasi ya bu ..

Posting Komentar